Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Difasilitasi oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Toraja Utara, Tim Akselerasi Reformasi Birokrasi (RB) Pemprov Sulsel melakukan pembinaan dan monitoring terhadap penyelenggaraan Reformasi Birokrasi serta Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, pada hari Kamis, (8/10/2020) yang lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Kompleks Perkantoran Dinas, Marante Tondon tersebut menghadirkan narasumber dari Pemprov SulSel yaitu Asisten Bidang Administrasi Setprov Sulsel, Drs. H. Tautoto Tana Ranggina Sarongallo, M.Si, Kepala Biro Organisasi Setprov SulSel Hj. Andi Mirna, S.H, Kepala Bagian Kelembagaan dan Anjab Biro Organisasi, Baso Mannyurunsi, S.H., M Si dan juga Guru Besar Ilmu Administrasi Publik Unhas Prof. Dr. Sangkala, M.Si selaku Pakar Hukum Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).  

Tautoto dalam kesempatan tersebut menyebut hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan reformasi birokrasi dan pada area Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada beberapa instansi pemerintah kabupaten/kota di Sulsel yang menunjukkan belum terjadinya perubahan signifikan mendorong Pemprov Sulsel melakukan pembinaan untuk mempercepat terjadinya reformasi birokrasi.

"Pertemuan ini merupakan upaya bagaimana caranya pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mendorong Kabupaten /kota yang masih istilahnya zona merah dalam SAKIP dan RB. Bapak Gubernur mengharapkan agar kita maju bersama bukan hanya provinsi". jelasnya.

Menurut pemaparan Tautoto, aspek leadership memainkan peran penting dalam implementasi program reformasi birokrasi sehingga melalui kegiatan ini juga diharapkan terbangunnya pemahaman dan motivasi di level pengambil kebijakan yang diyakini akan memaksimalkan kinerja reformasi birokrasi di organisasi pemerintah kabupaten/kota. 

"kita berharap evaluasi yang lalu bisa meningkat setelah kami datang ini, dan begitu kami kembali ada action dari pak Sekda, Pada tahun 2019 tidak naik nilainya," sambung Tautoto Tana Ranggina.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Drs. Rede Roni Bare, M.Pd yang membuka kegiatan dalam sambutannya menyambut baik adanya dukungan asistensi penyelenggaraan reformasi birokrasi dari Pemrov Sulsel. Sekda menjelaskan pendampingan dan monitoring dari Pemprov Sulsel akan turut membantu Pemkab Toraja Utara dalam berakselerasi menyelesaikan pekerjaan rumah yang terkait dengan target pelaksanaan manajemen perubahan birokrasi seperti peningkatan indeks penyelenggaraan reformasi birokrasi yang membutuhkan pemahaman dan komitmen aparatur di seluruh perangkat daerah.

"Kita masih butuh pembinaan, peningkatan untuk Reformasi Birokrasi dan SAKIP, dan ini semua poin -poin yang harus kita perbaiki dan juga ada tugas dari KemenPan-RB kepada kita yaitu percepatan perampingan organisasi kita," ungkap Sekda.

Tercatat sejumlah rancana tindak lanjut yang dihasilkan dalam kegiatan ini, beberapa di antara yakni terbentuknya Tim RB yang berada di bawah koordinasi Sekretaris Daerah, perangkat daerah harus memiliki dokumen perjanjian kinerja yang tertuang dalam aplikasi e-SAKIP dan memperkuat peran Dinas Kominfo.SP mewujudkan integrasi data Sulsel melalui Program Satu Data.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran pejabat struktural Pemkab Toraja Utara antara lain para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag Setda serta para administrator pengelola aplikasi sistem informasi seperti PMPRB, e-SAKIP, SPIP, SPBE, dan SP4N LAPOR!.

Peliput :Julina
Foto. Pak Upa'

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 214

Kemarin 363

Minggu ini 577

Bulan ini 10655

Total 306924