Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Bertempat di Ruang Rapat Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara, Gedung Gabungan Dinas dan Badan, Marante, Kamis, 22 Oktober 2020 yang lalu telah berlangsung Rapat Koordinasi Penyusunan Dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) teknokratik RPJMD Kabupaten Toraja Utara tahun 2021-2024 tahun anggaran 2020.

Sebagai narasumber, Ir. Muh.Marhum Latif, M.M, Fungsional Perencana Madya Bappeda Provinsi Sulsel, yang menguraikan tentang Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Toraja Utara

Teknokratik RPJMD merupakan salah salah satu metode pendekatan dalam penyusunan dokumen Rencana pembangunan lima tahunan daerah yang disiapkan sebelum terpilihnya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang kemudian menjadi panduan arah kebijakan pembangunan bagi para pemangku kepentingan.

Penyusunan dokumen RPJMD teknokratik ini didasarkan pada ketentuan yang termuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M.Pd dalam sambutannya di kegiatan ini mengharapkan agar  semua perangkat daerah yang terlibat dalam penyusunan dokumen RPJMD teknokratik 2021-2024 Kabupaten Toraja Utara melakukan identifikasi dan inventaris masalah berdasarkan isu strategis dengan cermat, berbasis data real di sektor urusan masing-masing karena outputnya akan menjadi acuan penting bagi Kepala Daerah terpilih dalam menyusun rancangan awal (Ranwal) RPJMD nantinya.   

"dalam perencanaan penyusunan RPJMD ini diharapkan perencanaan didukung oleh data yang valid, akurat dan inilah yang menjadi tugas pokok kita sebagai perencana teknokratik agar Bupati dan Wakil Bupati terpilih mudah mengambil keputusan dan tidak salah mengambil keputusan, maka dibutuhkan rancangan yang berkualitas," ucap Sekda

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara Ir. Aris Mantong. Dirinya meminta fokus Kelompok Kerja (Pokja) dalam merumuskan dan menganalisis komponen indikator teknokratis antara lain permasalahan dan isu strategis pembangunan sektoral daerah berikut potensi kewilayahan dan gambaran kemampuan keuangan daerah yang ada mengingat padatnya jadwal penyusunan RPJMD 2021 - 2024 sehingga dokumen perencanaan teknokratik yang dihasilkan benar-benar berkualitas sesuai kondisi rill dan dapat dirampungkan sesuai jadwal  penyusunan RPJMD sebelum penetapan Kepala Daerah terpilih.  

"rancangan teknokratik RPJMD sudah harus selesai selambat lambatnya sebelum Bupati dan wakil Bupati terpilih ditetapkan, yang akan menjadi pedoman dalam rangka menyusun rancangan awal RPJMD lima tahun kedepan,ini merupakan dokumen penting dan sangat strategis," jelas Aris Mantong.

Tampak hadir Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs, Samuel Sampe Rompon, M.M., Staf Ahli, Staf khusus Bupati Aloysius Lande, dan para kepala OPD.

Tim Reporter: Julina Rande; Upa'
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 266

Kemarin 431

Minggu ini 1901

Bulan ini 10867

Total 323874