Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

TONDON || Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92, Tahun 2020 diperingati di halaman Kantor Gabungan Dinas dan Badan di Marante, Rabu, 28 oktober 2020 yang berlangsung hikmat dan dihadiri oleh Sekertaris daerah Drs. Rede Roni Bare, M Pd, unsur dan perwakilan Forkopimda, para Asisten Setda dan Staf Ahli Bupati Toraja Utara, Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Kepala Bagian Setda serta para Kepala Sekolah, Pengurus KNPI, OKP dan para undangan.

Pjs. Bupati Toraja Utara Amson Padolo S, Sos, M.Si yang langsung bertindak selaku Pembina Upacara menyebut, tema "Bersatu dan Bangkit" sebagai tagline nasional Hari Sumpah Pemuda tahun 2020 ini merupakan aktualisasi kentekstual atas kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini bangsa Indonesia sedang hadapi di mana para pemuda Indonesia sebagai komponen strategis bangsa diajak untuk bersatu mengambil peran kongkrit dalam penanganan pandemi Covid-19.  

"Kementerian Pemuda dan Olahraga secara nasional menetapkan tema "Bersatu dan Bangkit" untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dengan nama Sumpah Pemuda, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa, yang turut merayakan semangat persatuan pemuda untuk bergotong royong memutuskan mata rantai pandemi covid-19, jelas Amson Padolo.

Strategisnya peran pemuda dalam perjalanan dan kemajuan bangsa Indonesia mendorong pemerintah turut menempatkan pemuda sebagai fokus pelayanan pembangunan nasional menuju Indonesia maju yang kemudian ditegaskan oleh pemerintah dengan menerbitkan Perpres Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. 

"Presiden memberi perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia, nyata pada bulan juli 2017 ditandatangani peraturan Presiden No. 66 tahun 2017 tentang koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan," lanjutnya.

Selain itu Pjs Bupati Amson Padolo meminta agar semangat Sumpah Pemuda dijadikan sebagai sebagai komitmen pemuda pemudi Toraja Utara untuk turut mensponsori persatuan dan kesatuan bangsa, terlibat dalam upaya membangunan toleransi dan kerukunan dan menghindari berbagai bentuk politisasi identitas yang dapat memecah belah kerukunan bangsa.   

"Kita harus berani melawan segala bentuk upaya memecah persatuan dan kesatuan bangsa, ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan," imbuh Pjs. Bupati Toraja Utara.

Acara dilanjutkan dengan pemberian piagam dan piala kepada pemenang sejumlah lomba yang diadakan oleh DPD KNPI Toraja Utara.

Sebagai pemimpin upacara Ketua DPK Kecamatan Tallunglipu Harpin Satli dengan pengibar bendera dari Paskibra SMAN I Toraja Utara masing-masing Ferdinan kevin Tangke, Vincensiany Sau Pairunan, dan Jonathan Wesly Bumbungan, dan Kein Varga Mawardi.

Tim Reporter: Julina Rande; Sendri Sudi.
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 274

Kemarin 431

Minggu ini 1909

Bulan ini 10875

Total 323882