Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Selasa, (3/11/2020) yang lalu, Pemprov Sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Rakor dan Sidang Penetapan Cagar Budaya Tingkat Provinsi Tahun 2020 yang dilangsungkan di Hotel Luta, Rantepao. 

Rapat Koordinasi dan Sidang Penetapan Cagar Budaya tersebut dibuka oleh Penjabat Sementara Bupati Toraja Utara Amson Padolo yang dihadiri oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Pemrov Sulsel Muhammad Saleh, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Sulawesi Selatan Prof. Sampe Paembonan, Sekda Kabupaten Toraja Utara Roni Rede Bare, Asisten Bidang Pemerintahan Semuel Sampe Rompon, Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara Yorry Lesawengan, Kepala Dinas Kominfo.SP Toraja Utara Yakub Pongsendana, dan perwakilan OPD terkait, Camat serta Aliansi Masyarakat Adat Toraja.

Pjs. Bupati Amson Padolo menyambut gembira atas terpilihnya Toraja Utara sebagai lokasi pelaksanaan Sidang Penetapan Cagar Budaya tahun 2020 ini yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan dan kepariwisataan Provinsi Sulsel. Menurutnya banyaknya situs - situs warisan budaya di Toraja Utara memerlukan pengkajian yang komprehensif langsung di lokasi terkait data-data historis pada elemen fisik yang dimiliki.     

"kami menyambut dengan penuh rasa gembira Tim Ahli Cagar Budaya yang menyempatkan untuk hadir di Toraja Utara untuk melihat lebih detail bahwa budaya Toraja Utara itu seperti apa," ucap Amson Padolo. 

Diketahui, terdapat 9 (sembilan) cagar budaya yang akan dibahas dan kemudian direkomendasikan oleh TACB untuk ditetapkan dalam sidang ini. Kesembilan cagar budaya yang sebagian besar merupakan situs traditional settlements (permukiman adat) dan juga bangunan bersejarah antara lain: Buntu Pune, Buntu Remen Kandeapi, Kalimbuang Bori', Ke'te Kesu, Londa, Pala' Tokke, Palawa, Rante Karassik dan Bangunan Gereja Toraja Jemaat Rantepao.  

Amson Padolo berharap penetapan kesembilan cagar budaya tersebut nantinya turut mendorong pertumbuhan progresif pembangunan kepariwisataan di Toraja, khususnya di Toraja Utara.

"dengan diajukannya Toraja sebagai warisan budaya pemukiman tradisional kita berharap akan mendapatkan peluang untuk menjadi yang terbaik di tingkat provinsi maupun nasional sehingga menjadi salah satu pemukiman tradisional warisan budaya dunia UNESCO," tambahnya. 

Sejak tahun 2009 Toraja sebagai kawasan cagar budaya nasional telah diusulkan oleh pemerintah ke badan dunia UNESCO dan telah masuk dalam Daftar Usulan Calon Nominasi (tentative list) World Heritage kategori warisan budaya bersama 18 cagar budaya nasional lainnya.

Dalam rakor dan sidang ini juga dilaksanakan diskusi bersama Pemda, Aliansi Masyarakat Adat Toraja dan tim ahli cagar budaya dari Provinsi Sulawesi Selatan untuk mendapatkan beberapa masukan yang lebih spesifik untuk menjadi pertimbangan dan rekomendasi nantinya.

Tim Reporter: Martinus Silolongan - Amos Rapang
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 263

Kemarin 431

Minggu ini 1898

Bulan ini 10864

Total 323871