Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Dalam rangka menghadapi verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengadakan Rapat Koordinasi persiapan yang berlangsung di RM. Ayam Penyet Ria Rantepao, Rabu (11/11/2020).

Rakor yang diikuti oleh para pengurus Forum Kabupaten Sehat Toraja Utara menghadirkan narasumber dari Tim Pembina KKS Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan Enos Palamba. S.T., M.Si.

Kepada peserta rakor Enos Palamba menyampaikan, program Kabupaten Sehat dalam pengelolaannnya menekankan pada proses di mana fungsi semua komponen kelembagaan KKS mulai dari kelompok kerja di lembang/desa/kelurahan hingga forum kabupaten sehat dan Tim Pembina  di tingkat Kabupaten benar-benar aktif, berkelanjutan dan terkoordinasi dengan baik. 

"laporan KKS mulai dari Pokja Tingkat kelurahan /desa ke forum komunikasi kelurahan lalu ke Tim pembina kabupaten yang ditangani oleh OPD terkait dan KKS selanjutnya ke Tim Pembina Provinsi, pendanaan penyelenggaraan KKS menjadi tanggungjawab pemerintah daerah dan masyarakat," jelas Enos Palamba.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara selaku Sekretaris Tim Pembina Teknis KKS Kabupaten Elizabeth R. Zakariah, M.Kes yang membuka kegiatan ini mengatakan, rapat ini ditujukan untuk mengevaluasi dan mensinergikan progres pelaksanaan kegiatan - kegiatan KKS sesuai dengan variabel penilaian pada lokus KKS yang sebelumnya telah di tetapkan.

Dirinya berharap melalui rapat ini juga dapat menegaskan kembali komitmen seluruh stake holder KKS untuk bekerja bersama mencapai target Toraja Utara sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang berpredikat Kabupaten Sehat 

Pada Rakor Kabupaten Sehat Toraja Utara di bulan September lalu, telah ditetapkan 9 lokus dengan 7 tatanan penilaian yang akan menjadi bahan verifikasi kabupaten sehat Toraja Utara, antara lain:

1. Sekolah Sehat, SMPN I Kesu';

2. Kawasan Permukiman Sehat;

3. Pasar Sehat: Pasar Lolai;

4. Perhubungan: pada jalan lingkar dalam pariwisata dari Ke'pe ke Lolai;

5. Pariwisata: Objek Wisata Mentiro Tiku;

6  Ketahanan Pangan: lokasi Pertanian Lada katokkon dan perkebunan Kopi di Kecamatan Kapalapitu;

7. Perindustrian: Anyaman Tikar di Pasar Pindan;

8. Bidang Kesehatan tentang Open Defecation Free (ODF) atau sistem pembuangan tinja yang memenuhi syarat kesehatan pada Lembang

    dan kelurahan; dan

9.  Kehidupan Sosial Sehat.

Tampak hadir Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Toraja Utara Rio Ritha Pakan, Staf Khusus Bupati, Aloysius Lande, anggota Tim Pembina Kabupaten Sehat, perwakilan dari OPD terkait dan Tim penyusun laporan KKS.   

 

Tim Reporter: Julina Rande - Upa' - Sendri Sudi
 
LPDI - Komunikasi Publik

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 263

Kemarin 431

Minggu ini 1898

Bulan ini 10864

Total 323871