Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Dalam meningkatkan pengawasan post market Industri Rumah Rangga Pangan (IRTP), Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Rapat Monitoring dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Sarana Industri  Rumah Tangga Pangan yang berlangsung di Aula Kantor Gabungan Dinas Panga, Selasa (15/12/2020).

Rapat ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Rede Roni Bare didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda, Samuel Sampe Rompon dan Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabet R. Zakaria.

Berdasarkan atas laporan hasil pengawasan yang diterima, Sekda Rede Roni Bare meminta agar Tim Koordinasi Pengawasan Obat dan Makanan Toraja Utara mendorong peningkatan kualitas produk khususnya pada aspek peningkatan mutu kemasan IRTP. Menurut Rede Roni Bare, aspek kemasan ini berperan penting untuk meningkatkan daya saing (nilai jual) produk pangan lokal IRTP Toraja Utara di pasaran.   

"Industri Rumah Tangga kemasan(nya) belum terlalu menarik, sehingga ke depannya kemasan hasil industri rumah tangga agar lebih menarik dan sehat, kemasan ini menjadi prioritas kita ke depan, sehingga kemasan yang akan datang menjadi unik dan menarik," ungkap Rede Roni Bare.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Elizabeth R. Zakaria menjelaskan bahwa selain fokus pada pembinaan dan pengawasan sanitasi produk pangan IRT pihaknya juga mendorong tersedianya layanan izin atau sertifikasi produk pangan IRT. Hal ini penting untuk segera diupayakan di Toraja Utara untuk memotivasi IRTP mulai meningkatkan mutu produk pangannya sekaligus akan berpengaruh pada terciptanya iklim usaha yang sehat di Toraja Utara. 

"Home industri yang ada di Toraja Utara ke depannya harus kita tingkatkan baik di dalam kebersihan, layak makan dan kemasannya. Terkhusus untuk Izin Kesehatan dimana Layak Makan ini masih banyak home industri yang belum memperhatikan dalam segi ini, sehingga ke depannya perlu adanya pelayanan dalam Izin Kesehatan atau Izin Layak Makan," kata Elizabeth R. Zakaria.

Target pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Tim Terpadu di tahun 2020 yakni Pre Market sebanyak 30 IRTP dan 20 Post Market IRTP.

Sementara terdapat tiga poin Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan Tim Terpadu di tahun 2021 mendatang, yaitu :
1. Sosialisasi kepada pelaku usaha yang memproduksi pangan yang seharusnya memiliki nomor PIRT untuk mengurus SPP-IRT.
2. Target Pengujian sampel untuk tahun 2021 adalah 12 Jenis Sampel, untuk industri Pangan, wajib mencantumkan tanggal kadaluarsa.
3. Pelaksanaan Bimtek Keamanan Pangan bagi 70 pelaku usaha.

Tim Reporter: Gabriel Steven - Amos Rapang 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 355

Kemarin 447

Minggu ini 802

Bulan ini 9176

Total 348086