Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Sanggalangi || Di awal bulan Februari 2021, vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk kelompok tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Toraja Utara mulai dilaksanakan.

Untuk tenaga kesehatan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi nakes dilakukan di masing – masing fasilitas pelayanan kesehatan yaitu Rumah Sakit dan Puskesmas.

Demikian halnya yang berlangsung beberapa waktu lalu di UPT Puskesmas Tombangkalua’ Kecamatan Sanggalangi tepatnya pada Kamis, (11/2/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi nakes ini turut dipantau langsung oleh Camat Sanggalangi, Alexander L. Pasenggong, S.Kom, M.Si.    

Camat Alexander dalam kesempatannnya menyampaikan, untuk menjamin target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Sanggalangi dapat berlangsung sukses, aspek kerjasama, koordinasi dan komunikasi perlu terus ditingkatkan khususnya di level pemangku kepentingan di setiap sektor terkait.

Menurutnya, aspek kerjasama yang baik tersebut juga akan turut mempengaruhi upaya bersama membangun pemahaman yang benar di tengah masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi yang terus menerus perlu dilakukan mengenai pentingnya dilakukan vaksinasi sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19 selain protokol kesehatan 5M yang tetap harus dilakukan secara disiplin oleh setiap warga masyarakat.

“walaupun telah mendapatkan vaksinasi, kita tetap harus patuh untuk menjalankan 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” jelasnya.   

Sebelum pelaksananaan vaksinasi, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Tombangkalua’ memberikan penjelasan mengenai sasaran dan tujuan dilakukannya vaksinasi bagi para nakes serta penerapan prosedur teknis vaksinasi 4 meja yang dimulai dari pendaftaran dan verifikasi data di Meja 1, Skrining berupa anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana di Meja 2, Meja 3 untuk Vaksinasi, dan terakhir di Meja 4 untuk Observasi pencatatan, pemberian kartu vaksinasi dan edukasi pencegahan Covid-19. 

Vaksinasi Covid-19 bagi nakes di wilayah kerja Puskesmas Tombangkalua’ dilaksanakan bertahap selama 2 hari (tanggal 11 dan 13 Februari 2021) dengan sasaran seluruh nakes dan tenaga penunjang yang berjumlah 67 orang. Untuk hari pertama, terjadwal 38 orang penerima vaksin yang kemudian berdasarkan hasil skrining  menjadi 28 orang yang dapat diberikan vaksinasi, dengan rincian  4 orang ditunda dan 6 orang tidak diberikan vaksinasi. 

Pelaksanaan vaksinasi perdana di wilayah Kecamatan Sanggalangi bagi kelompok nakes ini juga turut dihadiri perwakilan dari Polsek Sanggalangi.

  

Sumber dan Foto: PKM Tombangkalua'

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 11

Kemarin 245

Minggu ini 11

Bulan ini 3426

Total 366436